Efisiensi Pendingin Oli
(Oil Cooler)
pada Kendaraan Roda Tiga
Banyak kendaraan roda tiga sedang tren
menggunakan sistem pendingin yang diklaim akan meningkatkan kinerja mesin
secara optimal. Tetapi yang perlu diingat bahwa sistem pendingin tersebut harus
lebih efektif dan efisien jika digunakan, agar biaya operasional untuk usaha
kita tidak terjadi pembengkakan akibat perawatan ataupun perbaikan ketika kita
membeli roda tiga yang menggunakan sistem pendinginan.
Banyak
pertanyaan yang dilontarkan oleh para konsumen ketika akan membeli kendaraan
roda tiga. Pilih yang menggunakan pendingin oli (oil cooler) atau yang
menggunakan radiator (water cooler).
Berikut
ini kita sampaikan perbandingan antara pendingin oli (oil cooler) dengan
radiator (water cooler) :
1. Cara
kerja sistem pendingin.
Setiap bentuk mesin motor dirancang
secara unik sesuai dengan kinerja komponen didalamnya. Mesin roda tiga 200 cc
yang menggunakan oil cooler dan sirip pada konstruksi mesin sebagai pendingin
membuat oli secara konsisten mendinginkan mesin pada saat mesin tersebut
dihidupkan/bekerja. Sedangkan sirip mesin berfungsi menyalurkan panas mesin
keluar sehingga mempercepat pendinginan suhu dalam mesin. Pada sistem mesin
yang menggunakan radiator (water cooler), kinerjanya sangat tergantung pada
kinerja fungsi kipas pendingin dan cairan pendingin (liquid coolant), sehingga
apabila kipas pendingin tidak berfungsi, secara otomatis mesin akan overheat dan
merusak komponen-komponenya akibat dari tidak berfungsinya sistem pendingin.
2. Penggunaan
jenis substansi pendingin.
Pada oil cooler, penggunaan oli
menjadikan kotak pendingin secara otomatis terlindung dari karat, itu membuat
komponennya lebih awet. Sedangkan pada sistem radiator (water cooler),
penggunaan liquid coolant-nya perlu diperhatikan. Apabila tidak menggunakan
cairan yang baik atau hanya menggunakan air biasa, lama-kelamaan akan terjadi
karat pada komponen-nya, karena air merupakan substansi yang bersifat korosif.
3. Kinerja
pendinginan.
Sistem pendingin water cooler didukung
oleh kipas sebagai komponen penting dalam mendinginkan suhu mesin dengan cepat.
Sedangkan pada roda tiga dalam hal ini Tossa, menggunakan extra fan untuk
meningkatkan kinerja pendinginan oil cooler. Namun yang perlu diperhatikan
adalah tidak selalu dibutuhkan penggunaan extra fan pada kendaraan anda.
Konstruksi mesin Tossa Hercules telah
dirancang sesuai dengan daya angkut yang direkomendasikan. Sehingga apabila
konsumen menggunakan kendaraan sesuai dengan beban dan ketentuan, tidak
diperlukan adanya penambahan extra fan. Dengan kata lain, extra fan hanya akan
menjadi aksesoris yang fungsinya tidak diperlukan.
4. Harga
yang lebih ekonomis.
Penyematan water cooler pada kendaraan
roda tiga yang notabene memiliki jumlah komponen lebih banyak dan perawatan
yang tinggi, menjadikan harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan oil
cooler. Sedangkan fungsionalnya kurang signifikan. Jadi jika untuk investasi
usaha, lebih smart jika kita menggunakan mesin yang menggunakan oil cooler.
(o-c).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar